Kamis, 04 Oktober 2012

MARI BERWISATA KE CIPANAS


Hiruk pikuk kehidupan kota yang sibuk, membuat sebagain orang merasa bosan dengan keadaan yang sama setiap harinya. Bergelut dengan kemacetan, polusi udara, dan pemandangan kota yang penuh dengan gedung-gedung pencakar langit. Hal ini membuat orang-orang yang hidup di kota ingin merasakan kenyamanan, menghirup udara yang bersih, melihat pemandangan yang hijau, dan merasakan kebersaannya bersama keluarga tercinta di tempat yang nyaman dan sejuk.

Nah, kali ini saya akan merekomendasikan beberapa tempat wisata yang berada di kota kelahiranku, Cianjur. Meskipun sama-sama kota, keadaan di Cipanas - Cianjur berbeda dengan keadaan di Jakarta, di sana kita masih bisa melihat hamparan padi yang hijau dan rimbunnya hutan yang lembab.



Sebagai permulaan, pertama-tama saya akan merekomendasikan tempat wisata Kebun Raya Cibodas. Kebun Raya Cibodas merupakan salah satu tempat rekreasi paling diminati di Cipanas - Cianjur, di sana kita dapat melihat bukit-bukit hija yang sangat luas dan rimbunnya pohon-pohon yang telah berusia puluhan bahkan ratusan tahun lamanya. Terdapat berbagai jenis tumbuhan di sana, baik yang berasal dari tanah air kita Indonesia  maupun dari luar negeri. Di taman ini kita dapat menemukan beberapa tanaman langka yang terdapat di Indonesia seperti bunga bangkai, bahkan di salah satu tamannya terdapat taman sakura yang sangat indah. Sakura yang konon hanya bisa kita jumpai di Jepang, kini juga bisa kita lihat di Indonesia. Selain  itu, Kebun Raya Cibodas juga terkenal dengan pesona beberapa air terjunnya, seperti air terjun Ciismun dan Cibeureum yang meberikan kesan tersendiri di hati para pengunjungnya. Untuk yang senang berkemah, Cibodas merupakan tempat yang harus masuk dalam list berkemah kalian, tempat ini secara rutin dijadikan tempat berkemah bagi anggota Pramuka Kuarcab Cianjur. Bagi yang hanya ingin berekreasi tempat ini juga menyediakan pemandangan dan suasana yang nyaman untuk berekreasi bersama keluarga, terdapat out bound bagi yang menyukai tantangan atau berkuda untuk melihat keindahan Kebun Raya Cibodas.  Datanglah kesini beramai-ramai dengan teman-teman atau keluarga tercinta. Tiket masuknya sangat terjangkau, cukup mebayar Rp. 6000 kita sudah dapat memasuki kawasan Kebun Raya ini. Bagaiman tertarik untuk berkunjung ke Cibodas?


Rekomendasi yang kedua adalah Taman Bunga Nusantara. Dahulu taman ini diusung oleh ibu negara kita, Ibu Tin. Di taman yang sangat luas ini mata kita akan dimanjakan dengan pemandangan tanaman bearwarna warni yang ditata sedemikian rupa yang akan membuat kita berdecak kagum saat melihatnya. Ada yang berbentuk kipas raksasa, lingkaran dengan gradasi warna-warna yang indah di dalamnya dan ada juga labirin yang terbentuk dari tanaman hijau. Selain itu disana juga terdapat bangunan-bangunan khas dari berbagai daerah di tanah air. Bagi yang ingin melihat keindahan Taman Bunga Nusanta dari ketinggian, datanglah ke tower yang berada di taman ini, dari ketinggian kalian bisa melihat keseluruhan dari taman ini dan kalian akan dibuat kagum olehnya. Bagi yang datang kesini bersama keluarga, disini juga terdapat berbagai permainan untuk anak-anak, seperti mandi bola, bom bom car, perahu air, dan kereta api kecil yang membawa kita berkeliling melihat pemandangan disekitar taman. Tiket masuknya pun tidak terlalu mahal, sekitar Rp. 25.000/orang. Bagi yang ingin berlibur dalam waktu yang lama, disini juga terdapat hotel yang berhadapan langsung dengan gerbang masuk Taman Bunga Nusantara.



Rekomendasi yang terakhir ada di kawasan Cibodas, yaitu Gunung Gede. Gunung berapi yang masih aktif ini merupakan gunung yang penuh dengan petualangan. Para pendaki pasti tidak ingin melewatkan untuk mendaki gunung yang satu ini, dengan ketinggian yang cukup tinggi dan misteri yang ada di dalamnya membuat para pendaki tidak pernah bosan untuk mengunjungi gunung yang satu ini. Konon katanya, gunung ini merupakan kerajaan jin yang sangat besar dibawah pimpinan Surya Kencana. Disini para pendaki dilarang untuk mengeluh cape, bertingkah laku tidak baik, dan berkata kasar. Jika larangan itu tidak diindahkan, maka akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan oleh  pendaki tersebut. Disini juga konon katanya ada portal untuk memasuki ‘dunia lain’, entah apakah itu benar atau tidak? Tapi banyak cerita yang beredar di masyarakat mengenai misteri Gunung Gede tersebut. Terlepas dari misterinya, gunung ini memiliki keindahan yang luar biasa, medan yang berat, menantang para pendaki agar dapat menaklukan ketinggian gunung ini. Di Gunug Gede pun terdapat bunga abadi, yaitu bunga edelwais. Bunga ini akan tetap hidup meskipun tanpa akar dan tanpa disiram dengan air. Mempunyai kepuasan tersendiri saat kita sudah berada dipuncak gunung ini. Jadi untuk para pendaki, jangan lewatkan untuk berpetualang di Gunung Gede.
Masih banyak tempat wisata di daerah Cianjur selain tempat wisata yang saya rekomendasikan, di Cianjur juga terdapat pemancingan, danau, dan laut yang tidak kalah seru untuk dikunjungi. Itulah beberapa tempat wisata yang saya rekomendasikan untuk teman-teman semua, semoga apa yang saya tulis ini dapat bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers