Jumat, 14 Maret 2014

PENERAPAN KOMPUTASI MODERN PADA BIDANG PEMERINTAHAN

Saat ini, komputasi modern memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Hampir setiap bidang dalam kehidupan ini tidak dapat lepas dari pengaruh perkembangan komputasi modern yang terus berkembang, termasuk bidang pemerintahan. Jika kita ingat-ingat pada zaman sekolah dulu, kita sering sekali mendengar cerita sejarah mengenai perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan dan memerdekakan Negara kita tercinta, Indonesia. Masih ingatkah kita, saat guru kita menceritakan bahwa pada zaman dulu para pejuang melakukan berbagai perundingan dengan bertatap muka, menyampaikan ide dan aspirasi dengan melakukan pertemuan secara langsung, menyebarluaskan informasi dan berita melalui saluran radio, dan berperang melawan penjajah hanya dengan menggunakan bambu runcing?
Tapi lihatlah sekarang, dunia sudah semakin maju, pertemuan dapat dilakukan secara virtual salah satunya menggunakan video conference, informasi pun dapat disebar luaskan dengan cepat menggunakan mobile device dan jaringan internet hanya dalam waktu yang sangat cepat, dan setiap warga negara dapat menyampaikan aspirasinya melalui internet tanpa harus bertatap muka dengan para wakil rakyat.
Dan bila kita perhatikan, saat ini Hampir setiap perkantoran maupun instansi pemerintah telah menggunakan komputer. Penggunaannya mulai dari sekedar untuk mengolah data administrasi tata usaha, pelayanan masyarakat (public services), pengolahan dan dokumentasi data penduduk, perencanaan, statistika, pengambilan keputusan, dan lain-lain.
E-Government adalah penggunaan teknologi informasi yang dapat meningkatkan hubungan antara pemerintah dan pihak-pihak lain. Penggunaan teknologi informasi ini kemudian menghasilkan hubungan bentuk baru seperti:
  • G2C (Government to Citizen),
  • G2B (Government to Business), dan
  • G2G (Government to Government).

Bahkan saat ini dengan adanya e-government, komputer memiliki peran yang sangat penting bagi pemerintah untuk melakukan sosialisasi berbagai kebijakan, melakukan pemberdayaan masyarakat, termasuk kerjasama antar pemerintah, masyarakat, dan pelaku bisnis, memperkenalkan potensi wilayah dan parawisata, dan sebagainya.
Dimungkinkan bahwa teknologi informasi dalam masa yang akan datang akan digunakan untuk pengambilan keputusan politik, misalnya untuk pemilihan umum yang konsep tersebut telah muncul di beberapa negara maju. Selain itu masyarakat bisa menyampaikan aspirasi secara langsung kepada para eksekutif dan legislatif pemerintah melalui e-mail atau forum elektronik melalui web yang dibangun pemerintah setempat.
Baru-baru ini pemerintah mulai menerapkan sistem ICT yang terdiri dari fungsi-fungsi input, proses, output, storage dan communication. Sistem informasi ini dipergunakan dalam praktek lembaga pemerintahan dalam semua bidang tugas dan fungsi Pemerinta hyang didalamnya terdiri dari beberapa segi, antara lain pemerintahan,tata usaha negara, pengurusan rumah tangga negara dan pembangunan. Sistem informasi dalam praktek pemerintahan merupakan sistem informasi manajemen dimana didalamnya terdapat proses pengolahan suatu informasi yang diperuntukkan untuk keperluan pengambilan keputusan dari suatu lembaga pemerintahan.
Selain hal-hal diatas, berikut ini adalah manfaat komputasi modern dalam bidang pemerintahan.
  • Dapat digunakan sebagai media internet untuk menerima aspirasi masyarakat dengan efektif dan efisien melalui situs website yang khusus untuk menyalurkan aspirasi masyarakat.
  • Masyarakat dapat menyalurkan aspirasinya secara mudah tanpa demonstrasi atau kekerasan.
  • Program-program pemerintah dapat tersampaikan secara efektif danefisien berkat website yang dikelola pemerintah.
  • Melalui media Internet dapat dimanfaatkan untuk mengundang turis, baik turis domestik maupun turis mancanegara.
  • Mengundang para investor baik dalam negeri maupun luar negeri dengan website yang dikelola pemerintah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers