Senin, 14 April 2014

Komputasi Bergerak (Mobile Computing)

Mobile Computing merupakan paradigma baru dari teknologi yang mampu melakukan komunikasi walaupun user melakukan perpindahan. Mobile Computing atau komputasi bergerak merupakan kemajuan teknologi komputer, sering disebut sebagai mobile computer (portable computer) yang dapat berkomunikasi dengan jaringan tanpa kabel, mobile computing juga merupakan salah satu jenis komputasi modern yang saat ini tengah populer dikalangan masyarak dunia dan terus dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan usernya.
Berikut ini merupakan beberapa contoh komputasi bergerak, antara lain :
1.       Computer Portable
Portabel komputer adalah sebuah computer yang dapat dengan mudah dibawa kemana saja. Computer portable tengah populer dikalangan masyarakat terutama pelajar karena praktis dan mudah dibawa. Computer portable dikenal juga dengan sebutan laptop atau notebook.
2.       Tablet PC
Tablet PC adalah computer yang berbentuk seperti sebuah buku yang biasa disebut dengan Ipad. Dengan memiliki beberapa kelebihan yakni dengan adanya teknologi layar sentuh .
3.      Internet Tablet
Internet tablet adalah berbagai alat mobile internet yang dibuat dan difokuskan hanya untuk internet dan fitur – fitur media lainnya.
4.      PDA
PDA adalah sebuah alat elektronik yang berbasis komputer dan berbentuk kecil serta dapat dibawa kemana-mana. PDA banyak digunakan sebagai pengorganisir pribadi pada awalnya, tetapi karena perkembangannya kemudian bertambah banyak fungsi kegunaannya, seperti kalkulator, penunjuk jam dan waktu, permainan komputer, pengakses internet, penerima dan pengirim surat elektronik (e-mail), penerima radio, perekam video, dan pencatat memo.
5.      Ultra Mobile
Ultra mobile PC atau yang lebih dikenal dengan Micro PC adalah komputer ekstra mini yang bisa dibawa kemana – mana, berlayar sentuh, dapat memutar film dan lagu, bermain game dana dapat digunakan untuk mengerjakan tugas kantor. Alat ini dikembangkan oleh Microsoft bekerja sama dengan ASUS, Samsung dana Founder.
6.      Smart Phone
Smart Phone adalah telepon genggam yang mempunyai kemampuan tingkat tinggi, dan kadang memiliki fitur yang menyerupai komputer. Saat ini smartphone sangat diminati dan terus dikembangkan dengan berbagai fitur canggih.

Berikut ini adalah perkembangan Mobile Computing

Motorola Micro


Motorola Envoy


Palm

Pocket PC


Nokia Communicator


Zaurus

Clio

Tablet

Sub Notebook




Notebook

Ruputer
PHS (Personal Handy-Phone System)


Earphone


Wearable Computer




Smartphone

Teknologi nirkabel/wireless memegang peran penting dalam komputasi bergerak. Dan berikut ini adalah contoh teknologi dalam Komputasi Bergerak :
  • In room network: infrared, Bluetooth
  • WLAN
  • Broadband wireless network
  • Wide area wireless
  • Satelite based network
  • Celluler Network
Kelebihan Mobile Computing
  •  Aplikasi yang luas
  • Bergerak/berpidah lokasi secara bebas
  • Bebas berpindah jaringan
  • Mudah dibawa dan ringan

Kekurangan Mobile Computing
  • Minimnya Bandwith
Akses internet pada peralatanini lambat jika dibandingkan dengan akses dengan kabel, akan tetapi dengan menggunakan teknologi GPRS, EDGE dan jaringan 3G, LAN Nirkabel berkecepatan tinggi tidak terlalu mahal tetapi memiliki bandwith terbatas.
  • Konsumsi tenaga
Mobile computing sangat bergantung pada daya tahan baterai.
  • Gangguan Transmisi
Jarak dengan pemancar sinyal dan cuaca sangat mempengaruhi transimis data pada mobile computing.
  • Potensi Terjadinya Kecelakaan
Beberapa kecelakaan akhir2 ini kerap disebabkan oleh pengendara yang menggunakan peralatan mobile computing saat berkendara.



Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers