Assalamualikum.... gak kerasa udah
satu bulan ga posting hohoho. Oke oke
kita langsung aja ke sasaran, tema tugas untuk bulan ini adalah mengenai teknologi
komputasi modern dalam bidang software dan hardware. Sebelum kita bahas secara spesifik, mungkin
diantara temen-temen yang lagi baca posting ini ada yang belum tahu pengertian
dari software dan hardware itu sendiri, kalo gitu disimak ya... berikut ini
penjelasan dari pengetahuan dan beberapa
sumber yang saya dapatkan.
Dalam sistem komputer terdapat tiga
elemen yaitu software (perangkat lunak), hardware (perangkat keras) dan
brainware. Diantar ketiga elemen tersebut, kita akan bahas software dan
hardware saja.
Software
Software
komputer merupakan
sekumpulan data elektronik berupa program atau intruksi yang disimpan dan
diatur oleh komputer untuk menjalankan suatu perintah. Sistem komputer ini juga
berperan sebagai penghubung antara komputer dan user agar dapat saling
berinteraksi, disisi lain software juga berfungsi untuk mengkontrol perangkat
keras dan untuk menghasilkan data informasi.
Klasifikasi Software (Perangkat Lunak)
Perangkat lunak secara umum dapat di bagi 2 yaitu
perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi.
Perangkat lunak sistem dapat di bagi lagi menjadi
3 macam yaitu :
- Bahasa pemrograman : merupakan perangkat lunak yang bertugas mengkonversikan arsitektur dan algoritma yang di rancang manusia ke dalam format yang dapat di jalankan komputer, contoh bahasa pemrograman di antaranya : BASIC, COBOL, Pascal, C++, FORTRAN.
- Sistem Operasi : saat komputer pertama kali di hidupkan, sistem operasilah yang pertama kali di jalankan, sistem operasi yang mengatur seluruh proses, menterjemahkan masukan, mengatur proses internal, memanejemen penggunaan memori dan memberikan keluaran ke peralatan yang bersesuaian, contoh sistem operasi : DOS, Unix, Linux, Windows, IMB OS/2, Apple.
- Utility : sistem operasi merupakan perangkat lunak sistem dengan fungsi tertentu, misalnya pemeriksaan perangkat keras (hardware troubleshooting), memeriksa disket yang rusak (bukan rusak fisik), mengatur ulang isi harddisk (partisi, defrag), contoh Utilty adalah Norton Utility.
Perangkat lunak aplikasi merupakan bagian
perangkat lunak yang sangat banyak di jumpai dan terus berkembang. Sebelum
tahun 1990-an aplikasi yang di kenal yaitu pemroses kata (Word Star, Chi
Write), pemroses tabel (Lotus 123, Quatro Pro), database (DBASE), dan hiburan
(game). Pada perkembangan pemroses kata, tabel dan database saat ini telah di
bundel menjadi aplikasi office dengan tambahan aplikasi untuk pembuatan
presentasi yang nanti akan di berikan pada pelatihan ini. Contoh aplikasi
office adalah Microsoft Office yang terdiri dari Word(pemroses kata), Excel
(pemroses tabel), Access (database), dan PowerPoint (presentasi). Yang
berkembang sangat banyak saat ini adalah aplikasi multimedia dan internet.
Contoh aplikasi multimedia adalah Winamp untuk memutar musik berformat MP3 atau
CD Audio, kemudian RealPlayer yang dapat digunakan untuk menonton film atau VCD.
Aplikasi internet yang umum di gunakan adalah untuk browsing, e-mail, chatting
dan messenger.
Aplikasi yang bersifat khusus di antaranya untuk
membantu pekerjaan Engineer seperti AutoCAD (gambar struktur), Protel (gambar
rangkaian elektronik), dan Matlab (pemroses dan visualisasi persamaan
matematis).
Dalam
perkembangannya, software mengalami beberapa evolusi. Sejarah perkembangan
software komputer dibagi menjadi beberapa era. Dan berikut ini adalah evolusi
dari perangkat lunak dalam dunia
komputasi.
Era Pioner
Bentuk
perangkat lunak pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabel ke antar bagian
dalam komputer. Cara lain dalam mengakses komputer adalah menggunakan punched
card yaitu kartu yang di lubangi. Penggunaan komputer saat era pioner dilakukan
secara langsung, sebuah program untuk sebuah mesin untuk tujuan tertentu. Pada
era ini, perangkat lunak merupakan satu kesatuan dengan perangkat kerasnya.
Penggunaan komputer dilakukan secara langsung dan hasil yang selesai di
kerjakan komputer berupa print out. Proses yang di lakukan di dalam komputer
berupa baris instruksi yang secara berurutan di proses.
Era Stabil
Pada
era stabil penggunaan komputer sudah banyak di gunakan, tidak hanya oleh
kalangan peneliti dan akademi saja, tetapi juga oleh kalangan industri /
perusahaan. Perusahaan perangkat lunak bermunculan, dan sebuah perangkat lunak
dapat menjalankan beberapa fungsi, dari ini perangkat lunak mulai bergeser
menjadi sebuah produk. Baris-baris perintah perangkat lunak yang di jalankan
oleh komputer bukan lagi satu-satu, tapi sudah seperti banyak proses yang di
lakukan secara serempak (multi tasking). Sebuah perangkat lunak mampu
menyelesaikan banyak pengguna (multi user) secara cepat/langsung (real time).
Pada era ini mulai di kenal sistem basis data, yang memisahkan antara program
(pemroses) dengan data (yang di proses).
Era Modern
Saat
ini perangkat lunak sudah terdapat di mana-mana, tidak hanya pada sebuah
superkomputer dengan 25 prosesornya, sebuah komputer genggampun telah di
lengkapi dengan perangkat lunak yang dapat di sinkronkan dengan PC. Tidak hanya
komputer, bahkan peralatan seperti telepon, TV, hingga ke mesin cuci, AC dan
microwave, telah di tanamkan perangkat lunak untuk mengatur operasi peralatan
itu. Dan yang hebatnya lagi adalah setiap peralatan itu akan mengarah pada
suatu saat kelak akan dapat saling terhubung. Pembuatan sebuah perangkat lunak
bukan lagi pekerjaan segelentir orang, tetapi telah menjadi pekerjaan banyak
orang, dengan beberapa tahapan proses yang melibatkan berbagai disiplin ilmu
dalam perancangannya. Tingkat kecerdasan yang di tunjukkan oleh perangkat lunak
pun semakin meningkat, selain permasalahan teknis, perangkat lunak sekarang
mulai bisa mengenal suara dan gambar.
Hardware
Definisi Hardware menurut
Azhar Susanto dalam bukunya yang berjudul Sistem Informasi Manajemen Konsep dan Pengembangannya adalah sebagai berikut: “hardware adalah merupakan peralatan fisik yang dapat digunakan untuk
mengumpulkan, memasukan, memproses, menyimpan data, mengeluarkan hasil
pengolahan data dalam bentuk informasi.” (2004:139).
Berikut penjelasan dari peralatan-peralatan
tersebut:
1.
Bagian
Input (Input Device)
Merupakan peralatan yang dapat digunakan
untuk memasukan data kedalam komputer.
Contoh input device yang sering kita gunakan
diantaranya adalah :
Keyboard
Mouse
Scanner
Camera
2.
Bagain
Pengolahan Utama dalam memori
Merupakan bagian untuk pegolah data dan
memproses data sehingga menjadi informasi.
Beberapa contohnya adalah
Mainboard
Processor
RAM
ROM
SoundCard
VGACard
Power
Supply
3.
Bagian Output (Output
Device)
Merupakan Peralatan-peralatan yang digunakan
untuk mengeluarkan informasi hasil pengolahan data.
Beberapa contohnya adalah
Monitor
Printer
Projector
Speaker
4.
Bagian
Penyimpanan Data (Storage Device)
Merupakan peralatan untuk penyimpanan data
eksternal pada komputer. Ada dua jenis perangkat penyimpanan yaitu primary storage
yang berfungsi untuk menyimpan program yang sedang dikerjakan dan tempat data yang diperlukan oleh program yang sedang
dikerjakan, contohnya adalah RAM. Selanjutnya yang kedua adalah
Secondary Storage, yaitu perangkat penyimpanan untuk membantu primary storage dengan
menyediakan tempat penyimpan data atau program yang diperlukan oleh user.
Beberapa contohnya adalah
HardDisk
Hardisk
Eksternal
Flashdisk
Compact
Disc
Itulah penjelasan mengenai pengenalan software dan hardware, semoga dapat bermanfaat buat readers yang sudah berkunjung ke sini. Terimakasih ^^
Sumber :
Ikbal, Iskandar. "Modul Matakuliah Pengantar Ilmu Komputer". http://elib.unikom.ac.id/download.php?id=36593 diakses pada tanggal 15 Mei 2014 Pukul 12.04
kalo itu bisa download ko syg
BalasHapus