Minggu, 18 November 2012

Android VS Anna OS



Hallow readers...
Seperti biasa, mau posting tugas lagi nih. Kali ini saya akan mencoba mengcompire Sistem Operasi Android dan Anna OS yang sama-sama digunakan pada smartphone. Oke langsung aja  di simak..



Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang buat menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.
Anna OS atau Symbian Anna merupakan versi upgrade dari sistem operasi Symbian layar sentuh sebelumnya, yaitu Symbian^3. Symbian^3 sendiri merupakan versi upgrade dari  sistem operasi Symbian layar sentuh sebelumnya, yang dinamakan Symbian S60 5th Edition. Symbian OS merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh Symbian Ltd. yang dirancang untuk digunakan peralatan bergerak (mobile).
Berikut Ini adalah perbedaan yang dimiliki antara kedua OS tersebut dilihat dari fitur, security, interface, dan manajemen hardware.
1.     Dari Segi Fitur
Fitur yang tersedia di Android adalah:
  • Kerangka aplikasi: itu memungkinkan penggunaan dan penghapusan komponen yang tersedia.
  • Dalvik mesin virtual: mesin virtual dioptimalkan untuk perangkat telepon seluler.
  • Grafik: grafik di 2D dan grafis 3D berdasarkan pustaka OpenGL.
  • SQLite: untuk penyimpanan data.
  • Mendukung media: audio, video, dan berbagai format gambar (MPEG4, H.264, MP3, AAC, AMR, JPG, PNG, GIF)
  • GSM, Bluetooth, EDGE, 3G, 4G dan WiFi (tergantung piranti keras)
  • Kamera, Global Positioning System (GPS), kompas, NFC dan accelerometer (tergantung piranti keras)
Fitur yang tersedia di Symbian Anna adalah :
  • Merupakan OS smartphone Qwerty - touchscreen dengan disain bentuk monoblock
  • Akses ke sistem email korporat lewat Mail for Exchange dan Microsoft Communicator
  • Lebih nyaman saat digunakan untuk browsing internet, melihat konten video (dengan konektivitas WiFi, HSDPA/HSUPA, atau Bluetooth 3.0), ataupun bermain game.
  • Ikon-ikon baru dan peningkatan penggunaan untuk Nokia N8, C7, C6-01, dan E7.
  • Nokia Maps dengan fungsi pencarian yang lebih baik, rute-rute transportasi umum baru, dan kemampuan untuk check-in ke situs jejaring sosial seperti Facebook, Foursquare dan Twitter.
  • Browser-nya yang mudah digunakan dan lebih cepat.
  • Near Field Communications (NFC) aktif di Nokia C7, yang berfungsi untuk berbagi kontak, foto, video dan bermain game dengan hanya dengan menyentuhkan ponsel Nokia C7.
2.     Dari Segi Keamanan (Security)
Android merupakan sistem operasi berbasis Linux. Seperti yang kita ketahui bahwa sistem operasi ini sangat tangguh untuk melawan virus, virus pada android cendurung susah menyebar karena proteksi dari google inc.. Namun, Smartphone bebasis Android dirangcang mirip dengan Personal Computer yang dapat menjalankan banyak aplikasi yang tidak terkontrol secara terpusat. Dengan sistem seperti ini smartphone berbasis Android akan lebih mudah untuk terjangkit malware. Dari data analisa perusahaan keamanan mobile  Smobile didapat lebih dari 48.000 aplikasi android adalah benar dan 20% aplikasi android memberikan akses informasi pribadi ke pihak ketiga sehingga dapat digunakan untuk melakukan kejahatan. Sedangkan 2% aplikasi android dapat mengirimkan SMS premium tanpa sepengatahuan pengguna.
Sistem Operasi Symbian sangat rentan terhadap virus, penyebarannya sangat cepat melalui akses internet, bluethooth, ataupun memory ponsel baik internal maupun eksternal. Namun setidaknya Sybian Anna  menawarkan keamanan bisnis dengan enkripsi data lebih baik. Pengguna bisnis Nokia N8, Nokia C7, Nokia C6-01 atau Nokia E7 dengan mudah dan aman dapat mengakses intranet perusahaan dengan IPSEC dan SSL VPN.
3.     Dari Segi Interface
Kedua Sistem Operasi ini menawarkan tampilan layar sentuh. Berikut ini adalah interface dari Android dan Anna Symbian
Android menghadirkan tampilan layar sentuh, dengan hadirnya Launcher menambah kesan menarik pada tampilan berbasis Android. Kita dapat mengubah interface menggunakan launcher, tema, aplikasi, icon dan font sesuai dengan keinginan kita. Hal ini menyebabkan pengguna Android tidak akan mudah bosan dengan interface yang dapat disesuaikan dengan keinginan pengguna.  Selain itu kehadiran widget dan wallpaper yang beragam membuat tampilan android semakin menarik.
Symbian Anna menghadirkan tampilan berbagai icon baru dan peningkatan kegunaan. Mengetik di layar sentuh menghadirkan layar terpisah, sehingga pengguna bisa melihat pesan, web, kontak atau email sambil mengetik di keypad QWERTY virtual, dan sekarang juga tersedia di modus vertikal. Menu utama hadir dengan ikon-ikon tersusun 4 kolom dan 3 baris. Menu utama ditampilkan dalam format list. Pengaturan-pengaturan lainnya adalah ukuran font, themes, dan screen saver. Aplikasi yang sedang berjalan dapat dilihat dengan menekan tombol Home selama beberapa saat. Jika ada aplikasi yang berjalan di background maka akan ada tanda di ikon aplikasi yang bersangkutan. bar notifikasi berada di tengah bawah.
4.     Dari Segi Manajemen Hardware
Pada sistem operasi Android semua hardware Android dan akses sistem pelayanan dikelola menggunakan Dalvik. Dalvik Virtual Machine Dalvik adalah mesin virtual berbasis mendaftar yang telah dioptimalkan untuk memastikan bahwa perangkat dapat menjalankan beberapa contoh efisien. Hal ini bergantung pada kernel Linux untuk manajemen memori threading dan tingkat rendah. VM Dalvik menggunakan kernel Linux yang mendasari perangkat untuk menangani tingkat rendah fungsionalitas termasuk keamanan, threading, dan proses dan manajemen memori. Dengan menggunakan VM untuk host eksekusi aplikasi, pengembang memiliki lapisan abstraksi yang memastikan mereka tidak perlu khawatir tentang implementasi hardware tertentu. VM Dalvik mengeksekusi file executable Dalvik, sebuah format yang dioptimalkan untuk memastikan memori minimal.
Manajemen Hardware pada Anna Symbian tidak jauh beda dengan manajemen hardware pada symbian OS lainnya. Variasi dari sisi hardware sistem operasi ini memiliki antarmuka pemprograman aplikasi (Application Programming Interface; API). API mendukung terhadap komunikasi dan tingkah laku yang umum pada hardware yang dapat digunakan oleh objek aplikasi lain. Hal ini dimungkinkan karena API merupakan objek antarmuka yang didefenisikan pada level aplikasi, yang berisikan prosedur dan fungsi (dan juga variabel serta struktur data) yang mengelola/memanggil kernel dimana sebagai penghubung antara software dan hardware. Dengan adanya standar API ini membantu pihak pengembang untuk melakukan penyesuaian atas aplikasi yang dibuatnya agar dapat diinstal pada produk telepon bergerak yang bermacam-macam. Mirip seperti sistem operasi desktop, Symbian OS mampu melakukan operasi secara multithreading, multitasking dan pengamanan terhadap memori. Dan semua pemrograman pada Symbian dilakukan secara event-based, artinya hardware CPU menjadi tidak aktif ketika tidak ada inputan berupa aktivitas tertentu. Namun perlu dipahami sistem operasi ini memang ditujukan untuk diinstal pada peralatan mobile dengan keterbatasan sumber daya. Multithread dan multitasking memberikan kemampuan Symbian OS untuk menjalankan lebih dari satu aplikasi sekaligus. Namun khusus ini, adanya preemptive multitasking kernel akan memberi tiap-tiap program suatu pembagian waktu pemprosesan yang dilakukan bergantian dengan cepat sehingga nampak bagi pemakai seolah-olah proses ini dieksekusi secara bersamaan. Untuk itu telah didefinisikan penjadwalan berdasar prioritas tertentu untuk menentukan proses mana yang berjalan terlebih dahulu dan proses apa berikutnya serta berapa banyak waktu akan jadi diberi. Symbian OS sendiri bukanlah software yang sifatnya opern source secara penuh karena meskipun terdapat ketersedian API dan dokumentasinya, yang banyak membantu pihak pengembang aplikasi untuk membuat software yang berjalan di atas sistem operasi ini, dipublikasi untuk umum namun tidak untuk kode source sendiri.



Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers