Minggu, 18 November 2012

SUB QUERY DAN FUNGSI JOIN


Subquery merupakan query di dalam query yang biasanya digunakan sebagai kriteria, yakni dalam sintax WHERE dan HAVING. Subquery sangat berguna untuk menampilkan data dengan kondisi yang bergantung pada data yang berada pada tabel itu sendiri.

Kali ini saya akan menjelaskan penggunaan subquery dalam suatu database. Pertama buat 2 tabel yang saling berhubungan, disini saya membuat 2 tabek mahasiswa. Pada tabel pertama terdiri dari npm, nama dan kelas, dan pada tabel kedua terdiri dari npm, alamat dan no.telp. Kedua tabel ini akan digabungkan sesuai dengan field yang sama yaitu npm menggunakan fungsi join. Fungsi join pada SQL adalah sebuah klausa yang digunakan untuk mengkombinasikan record/baris dari kedua tabel ataupun lebih.


Pada sebuah database keamanan data sangat diutamakan, oleh karena itu diperlukan suatu inisial untuk melindungi data dari pihak-pihak yang akan mebahayakan data. Berikut ini adalah fungsi inisial pada sebuah database.


Gambar diatas merupakan contoh sederhana menginisialkan sebuah field, yaitu menginisialkan npm dengan nama coba.
  

Perintah diatas merupakan perintah memanggil tabel satu dan menginisialkan field telp pada tabel dua dengan inisial telepon. Syntax yang digunakan adalah sebagai berikut : 

SELECT inisial.field1 .... , (SELECT nmfield_yg__akan_diinisialkan FROM nmtabel where nmtabel.field_yg_sama=inisial.field_yg_sama) AS inisial_field FROM nmtabel inisial;

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers