Kamis, 29 November 2012

Contoh Data Control Language

DCL digunakan untuk mengontrol hak para pengguna dengan perintah grant dan revoke. Berikut ini akan dijelaskan langkah-langkah penggunaan Data Control Language pada mySQL. Pertama yang harus kita lakukan adalah membuka aplikasi xampp kemudian jalankan mySQL dengan menekan tombol Start. Setelah itu buka command prompt lalu masuk ke folder bin pada mySQL yang terdapat pada folder xampp di komputer kita. Kemudian ketikan “mysql –u root” untuk dapat menggunakan mySQL.


Setelah itu kita buat dulu databasenya. Disini saya akan membuat sebuah database dengan nama latiffa dengan syntax “create database latifa”. Setelah itu ketik “use latifa” agar kita dapat menggunakan database tersebut.

Kemudian buat tabel yang berisi field NPM, Nama, Jenis Kelamin, Alamat dan Tanggal Lahir. Saya akan membuat tabel dengan nama ‘lasbd’ yang berisi field-filed yang telah disebutkan dengan NPM sebagai primary key nya.
  

Jika sudah membuat tabel, maka kita tinggal masukan record pada tabel tersebut. Untuk memasukan data record ada dua cara, yaitu menggunakan insert dengan syntax “INSERT INTO nmtabel VALUES (value1, value2,......);”.Atau bisa juga mengimport data lain, disini telah saya sediakan data mahasiswa dengan nama mahasiswa.txt.


Jika record sudah ada maka kita dapat memberikan akses terhadap database yang telah dibuat dengan DCL menggunakan perintah grant and revoke.


Screenshot di atas merupakan contoh pemberian hak akses database kepada user lain. User yang diberkan hak akses adalah latifa@localhost. Karena pada contoh tersebut kita menggunakan :
grant select on latifa.lasbd to latifa@localhost, maka akses database yang diberikan kepada User Latifa adalah tabel lasbd yang ada dalam database latifa di dalam User Root. Cara akses yang diberikan adalah Select. Oleh sebab itu, jika kita mengakses dengan cara Insert/ Delete/ lainnya, hasil yang didapat adalah  sebagai berikut.
  


Untuk mencabut hak akses yang tersedia, perintah yang digunakan syntax “revoke all on latifa.lasbd from latifa@localhost;.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers