ASCII (American Standard Code for
Information Interchange) merupakan suatu standar internasional dalam kode huruf
dan simbol yang bersifat universal, digunakan oleh komputer dan alat komunikasi
lain untuk menunjukan teks. Jumlah kode ASCII ada 255 kode dengan komposisi
bilangan biner sebanyak 8 bit.
Berikut ini adalah listing ASCII pada strawberry prolog
?-
window(_,_,win_func(),"Ini adalah Character Code",50,50,500,500).
win_func(key_down(32,_)):-
message("ASCII","Ini adalah tombol Space",?).
win_func(key_down(27,_)):-
message("ASCII","Ini adalah tombol Escape",i).
win_func(key_down(17,_)):-
message("ASCII","Ini adalah tombol Control",i).
win_func(key_down(38,_)):-
message("ASCII","Ini adalah tombol panah ke atas",i).
win_func(key_down(40,_)):-
message("ASCII","Ini adalah tombol panah ke bawah",i).
win_func(key_down(39,_)):-
message("ASCII","Ini adalah tombol panah ke kiri",i).
win_func(key_down(37,_)):-
message("ASCII","Ini adalah tombol panah ke kanan",i).
win_func(key_down(13,_)):-
message("ASCII","Ini adalah tombol Enter",i).
win_func(key_down(16,_)):-
message("ASCII","Ini adalah tombol Shift",i).
win_func(key_down(8,_)):-
message("ASCII","Ini adalah tombol Backspace",i).
win_func(key_down(65,_)):-
message("ASCII","Ini adalah tombol A",i).
win_func(key_down(68,_)):-
message("ASCII","Ini adalah tombol D",i).
win_func(key_down(83,_)):-
message("ASCII","Ini adalah tombol S",i).
win_func(key_down(87,_)):-
message("ASCII","Ini adalah tombol W",i).
window(_,_,win_func(),"Ini adalah Character Code",50,50,500,500).
win_func(key_down(32,_)):-
message("ASCII","Ini adalah tombol Space",?).
win_func(key_down(27,_)):-
message("ASCII","Ini adalah tombol Escape",i).
win_func(key_down(17,_)):-
message("ASCII","Ini adalah tombol Control",i).
win_func(key_down(38,_)):-
message("ASCII","Ini adalah tombol panah ke atas",i).
win_func(key_down(40,_)):-
message("ASCII","Ini adalah tombol panah ke bawah",i).
win_func(key_down(39,_)):-
message("ASCII","Ini adalah tombol panah ke kiri",i).
win_func(key_down(37,_)):-
message("ASCII","Ini adalah tombol panah ke kanan",i).
win_func(key_down(13,_)):-
message("ASCII","Ini adalah tombol Enter",i).
win_func(key_down(16,_)):-
message("ASCII","Ini adalah tombol Shift",i).
win_func(key_down(8,_)):-
message("ASCII","Ini adalah tombol Backspace",i).
win_func(key_down(65,_)):-
message("ASCII","Ini adalah tombol A",i).
win_func(key_down(68,_)):-
message("ASCII","Ini adalah tombol D",i).
win_func(key_down(83,_)):-
message("ASCII","Ini adalah tombol S",i).
win_func(key_down(87,_)):-
message("ASCII","Ini adalah tombol W",i).
LOGIKA PROGRAM
ASCII sangat diperlukan dalam
pembuatan game, berikut ini merupakan penjelasan mengenai penjelasan listing
diatas.
?- Merupakan simbol awal pada project strawberry prolog yang
berguna sebagai intrepeteur untuk merespon bagian koding selanjutnya. Tanpa
symbol ini, program akan error ketika decompile.
Fungsi window
digunakan untuk mengaktifkan window agar inti program
bisa dimasukkan ke dalamnya. Selain itu, angka 50,50,500,500 (x1,y1,x2,y2)
merupakan koordinat besar window awal. Kalimat yang memakai tanda kutip merupakan judul window dari program.
win_func digunakan untuk membuat
sebuah fungsi ,dalam membuat kontrol dari keyboard sebagai contoh fungsi
"key_down" dapat digunakan ketika pengguna menekan tombol pada
keyboard maka aplikasi akan memberikan sebuah respon. Oleh karena itu pada saat
program dijalankan maka program akan merespon tombol yang kita tekan. Pada
listing diatas didefinisikan beberapa kode ASCII, untuk lebih jelas dibawah ini
merupakan tabel kode ASCII.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar