Jumat, 29 April 2011

PENGARUH TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KEBUDAYAAN

               

                  Perkembangan teknologi yang pesat pada era globalisasi ini, sangat besar dampaknya bagi tatanan kehidupan masyarakat. Secara umum, dampak teknologi informasi ini ada yang berdampak positif dan ada juga yang berdampak negatif.
                Kebudayaan ataupun yang disebut peradaban, mengandung pengertian yang luas, meliputi pemahaman perasaan suatu bangsa yang kompleks, meliputi pengetahuan, kepercayaan, seni, moral, hukum, adat-istiadat (kebiasaan), dan pembawaan lainnya yang diperoleh dari anggota masyarakat. (Taylor, 1897)
                Pesatnya kemajuan teknologi informasi saat ini, memungkinkan seseorang untuk menjelajah informasi dengan cepat dan mudah,  mengetahui berbagai hal, berinteraksi dengan orang lain tanpa batasan ruang dan waktu, dan memudahkan kita dalam melakukan suatu pekerjaan. Namun, perkembangan teknologi tidak hanya membawa kemudahan dan dampak positifnya. Disisi lain, kemudahan yang ditawarkan teknologi informasi, membuat berbagai macam informasi dari luar dapat masuk dan mempengaruhi nilai kebudayaan bangsa. Derasnya arus informasi dapat berpengaruh buruk terhadap perilaku seseorang.
                Dengan demikian, kesadaran untuk melestarikan kebudayaan sedikit demi sedikit akan memudar di dalam diri penerusnya akibat perkembangan teknologi yang semakin maju. Sehingga sebagai insan pelajar, kita harus berhati-hati dan bijaksana dalam menghadapi perkembangan teknologi informasi yang semakin hari semankin berkembang. Berbagai informasi yang dapat kita akses dapat kita filter terlebih dahulu agar dapat membawa pengaruh positifnya bagi kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers