Jumat, 29 April 2011

TINGKATKAN KONSENTRASI DENGAN BUAH PISANG

Teman, ternyata buah pisang yang sering kita makan, tidak hanya padat nutrisi dan energi, tetapi juga dapat meningkatkan konsentrasi otak. Teksturnya yang lembut dan harganya yang terjangkau serta rasanya yang enak membuat buah yang satu ini banyak digemari.
                Buah pisang mengandung vitamin C, B kompleks, B6, dan serotin. Zat ini aktif sebagai neurotransmitter yang memperlancar fungsi otak. Selain itu, vitamin B Kompleks pada pisang dapat mempertahankan kerja sistem saraf, sehingga dapat meningkatkan konsentrasi otak. Bila otak terasa lelah, maka disarankan untuk mengonsumsi buah yang satu ini.
                Berdasarkan cara konsumsi, pisang dikelompokkan dalam dua golongan, yaitu banana dan plantain. Banana adalah pisang yang lebih sering dikonsumsi dalam bentuk segar setelah buah matang, contohnya pisang ambon, susu, raja, seribu, dan sunripe. Plantain adalah pisang yang dikonsumsi setelah digoreng, direbus, dibakar, atau dikolak, seperti pisang kepok, siam, kapas, tanduk, dan uli.
Pisang mempunyai kandungan gizi sangat baik, antara lain menyediakan energi cukup tinggi dibandingkan dengan buah-buahan lain. Pisang kaya mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, besi, dan kalsium. Pisang juga mengandung vitamin, yaitu C, B kompleks, B6, dan serotonin yang aktif sebagai neurotransmitter dalam kelancaran fungsi otak. Nilai energi pisang sekitar 136 kalori untuk setiap 100 gram, yang secara keseluruhan berasal dari karbohidrat. Yang menyediakan energi sedikit lebih lambat dibandingkan dengan gula pasir dan sirup, tetapi lebih cepat dari nasi, biskuit, dan sejenis roti. Oleh sebab itu, banyak atlet saat jeda atau istirahat mengonsumsi pisang sebagai cadangan energi.
Sehabis bekerja keras atau berpikir, selalu timbul rasa kantuk. Keadaan ini merupakan tanda-tanda otak kekurangan energi, sehingga aktivitas secara biologis juga menurun. Untuk melakukan aktivitasnya, otak memerlukan energi berupa glukosa. Glukosa darah sangat vital bagi otak untuk dapat berfungsi dengan baik, antara lain diekspresikan dalam kemampuan daya ingat.
Banyak manfaat yang bisa diperoleh dari satu pisang. Selain sangat bermanfaat dalam mencegah stres, pisang juga meningkatkan daya pikir, mengobati radang cerna, serta menyehatkan mata.

Sumber :  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers